Minggu, 22 April 2012

Keramik Plered Dilirik 12 Negara


Dua belas negara melirik keramik Plered, Kab Purwakarta, Jawa Barat. Kerajinan tanah liat khas Kab Purwakarta yang diminati 12 negara di Eropa dan Asia itu berjenis keramik hias.
Menurut Kabid Perindustrian dan Perdagangan Diskoperindag Purwakarta, Arnom MD, ke-12 negara yang tertarik dengan kerajinan keramik hias Plered antara lain, Spanyol, Inggris, Ukraina, Austria, Kanada, Cekoslovakia, Colombia, India, Hongkong, Korea dan Malaysia.
Arnom mengatakan, munculnya minat sejumlah negara di Eropa dan Asia terhadap keramik Plered ini setelah mengikuti  pameran produk expo (PPE) 2010 di Jakarta beberapa waktu lalu dengan memamerkan produk unggulan dari tiap tiap daerah.
“Kab Purwakarta pada PPE 2010 memamerkan kerajinan keramik Plered dengan beragam corak. Ternyata respon buyer dari Eropa dan Asia cukup baik. Mereka meminta sampel keramik Plered yang sudah dihias,” ungkap Arnom, Jumat (12/11).
Arnom menambahkan, ke-12 negara tersebut dipastikan bakal menjadi buyer keramik Plered dalam waktu dekat ini. “Ini merupakan angin segar untuk meningkatkan penjualan keramik Plered dipentas dunia,” katanya bangga.
Sebagai aksi respon lembaganya, kata Arnom, pihaknya kini tengah mempersiapkan sejumlah langkah strategi guna menggairahkan kembali pasar luar negeri.
Dengan cara, melakukan pembinaan secara maksimal melalui UPTD Litbang Keramik Plered dengan memberi pendidikan dan pelatihan kepada para pengrajin keramik agar kualitas yang mereka ciptakan benar benar memiliki daya saing tinggi untuk dipasarkan diluar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar